Kamis, 29 Desember 2011

Proposal Proyek Sistem Informasi Online Store MIX Distro ( Berbasis Web )

0 komentar


A. Latar Belakang
Perkembangan dunia informasi dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan dan perkembangan. Hal tersebut didukung dengan berkembangnya teknologi yang semakin maju dan memadai. Sehingga informasi dapat diakses secara cepat, tepat, terkini, serta akurat. Selain berdasarkan pada hal tersebut, penyajian suatu informasi juga perlu mendapatkan perhatian serius untuk menarik costumer.
Pada MIX Distro adalah suatu usaha yang bergerak dalam bidang Konveksi dan Style. Perusahaan tersebut mendapat permasalah yang sering timbul diakibatkan promosi atau informasi yang masih menggunakan brosur dan pamphlet yang diberikan kepada masyarakat disekitarnya. Yang menjadi kelemahan adalah perusahaan kesulitan dalam penyampain informasi tentang produk-produk yang dipasarkan
. Selain itu transaksi yang dilakukan di dalam perusahaan juga kurang optimal dikarenakan custumor tidak bisa datang langsung dikarenakan kekurangan waktu luang yang sedikit. Sehingga customer memilih perusahaan lain.
Dengan adanya permasalahan inilah penulils membuat desain website sebagai media optimalisasi promosi bagi MIX Distro. Desain website ini bukan hanya mempromosikan suatu produk tetapi website ini juga bisa memesan produk secara online dengan mengirim data gambar kepada perusahaan. Berdasarkan permasalahan maka penulis memberikan solusi dengan membuat sebuah desain website secara online pada MIX Distro dengan mengunakan PHP , dan MySql. Desain website tersebut diharapkan dapat membantu dan meningkatkan penyampaian informasi, serta memudahkan customer untuk memesan secara Online.

B. Rumusan Masalah
Sesuai dengan permasalahan yang telah disampaikan diatas maka perumusan masalah yang penulis ajukan adalah “Bagaimana membuat desain web sebagai media informasi Pemesanan pada MIX Distro dengan menggunakan PHP, dan MySql. Membantu eksekutif dalam mendapatkan data / informasi yang berguna dari internal maupun eksternal dan juga dalam mengambil sebuah keputusan.

C. Ruang Lingkup
Untuk memudahkan dalam pengumpulan data dan penulisan proposal proyek ini
maka perlu adanya pokok pembahasan sebagai berikut :
1. Contoh- contoh Produk
2. Pemesanan
3. Pembayaran
4. Pelaporan customer

D. Tujuan & Manfaat
Tujuan
1- Tujuan pokok
Tujuan pokok dari Tugas Proyek ini adalah mendesign system informasi berbasis web dengan menggunakan php, dan mysql pada MIX Distro guna memudahkan pemesanan produk.
2- Tujuan Eksekutif
Untuk mempermudah eksekutif mendapatkan da
ta dan informasi, informasi-informasi baik secara internal maupun eksternal. memantau proses bisnis yang berjalan seperti contoh produk, pemesanan, pembayaran dan laporan aktifitas bisnis.
3- Manfaat
- Memudahkan pelanggan dalam memesan produk / order
- Memperluas wilayah usaha
- Memudahkan dalam promosi MIX Distro

E. Metodologi
Metodologi merupakan elemen yang paling mendasar dari suatu proses bisnis. Berikut ini adalah suatu metodologi untuk merealisasikan proyek “Aplikasi Sistem Informasi Toko Online Berbasis Web” akan ditempuh langkah-langkah sebagai berikut:
1. Studi Kelayakan
Mempelajari proses-proses dan identifikasi data-d
ata yang dibutuhkan dalam perancangan “Aplikasi Sistem Informasi Toko Online Berbasis Web” sehingga dapat memenuhi kebutuhan Perusahaan dalam hal ini Eksekutif untuk meningkatkan pelayanan efisiensi dan keputusan.
2. Desain Fungsi
Melakukan desain sistem secara detail, mulai dari FlowChart, Data Flow Diagram (DFD), desain tabel, dan sebagainya sehingga membentuk sistem lengkap sesuai dengan fungsi-fungsi bisnis yang dikehendaki.
3. Pemrograman
Melakukan coding untuk merealisasikan desain fungsi yang telah dibuat. Lama Pengerjaan dan Jumlah baris coding ini turut menentukan besar-kecilnya harga Aplikasi yang dibuat.
4. Pengujian
Black Box Testing
- Uji Prilaku (behavior testing)
- Focus input / output
- Fungsionalitas
5. Pelatihan
Sebelum aplikasi program dijalankan/ kunjungi oleh user, pihak developer proyek perangkat lunak bertanggung jawab melatih costumer atau eksekutif dari MIX Distro yang hendak mengoperasikan program aplikasi yang telah dibuat. Pihak pengembang juga berkewajiban memberikan informasi yang benar dan terbuka sehingga tidak menyulitkan para pengguna selanjutnya.
6. Pemeliharan
Proyek perangkat lunak tidak bisa selesai begitu
saja setelah diserahterimakan, tetapi masih berlanjut hingga tenggang waktu yang cukup untuk memastikan bahwa produk perangkat lunak yang telah diserahkan tersebut bisa beroperasi dengan baik dan tidak ada kendala yang berarti.
7. Dokumentasi
Dalam sebuah proyek bisa terdiri dari beberapa dokumen. Dokumen dibuat untuk melihat kemajuan proyek yang sedang dikembangkan, sebagai referensi untuk bug bila terjadi kendala, sebagai pedoman operasional dan sebagainya.

F. Waktu Pelaksanaan Proyek :



G. Angaran Biaya
Biaya Persiapan :

Tipe Requitment Spesifikasi Pengembangan

Softwere Macromedia Dreamweavefer 8 2.000.000

My SQL Server -

Domain & Hosting 190.000/bulan

Hardwere 1 Paket Komputer (PC) 4.999.000

Modem Eksternal 1.200.000

1 Printer 750.000

Jumlah 9.139.000

Biaya Pengerjaan :

Jumlah Total 13.089.000


H. Sumber Daya Manusia
Sumber daya manusia yang melaksanakan proyek “Aplikasi Sistem Informasi Toko Online Berbasis Web” adalah sebagai berikut :
No Nama Peran
1 Abdullah Suyuti Manager Proyek, Studi Kelayakan, Dokumentasi
2 Zulus Ichrom Ai. Programer, Testing, Pemeliharaan
3 Imron Asy’ ari Desain Fungsi, Design Interface, Pelatihan

0 komentar:

Posting Komentar