Rabu, 28 Desember 2011

iPhone

0 komentar



BAB I
PENDAHULUAN

I.1 Latar belakang
Smartphone adalah salah satu handphone yang menggunakan Operating system (OS) yang sangat terkenal. Istilah smartphone sebenarnya mengacu pada system yang bekerja pada handphone tersebut. smartphone sebenarnya hanyalah sebuah handphone. Handphone tersebut dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti membuka website dengan kualitas sama seperti desktop. Dari sinilah muncul berbagai sistem operasi yang dapat di gunakan dalam smartphone. Saat ini telah banyak orang atau kelompok orang yang menciptakan OS untuk smartphone . Beberapa contoh OS saat ini adalah: Windows Mobile, Simbyan, Mac OS, Android dan masih banyak lagi OS yang telah di kembangkan oleh berbagai kalangan.
Namun pada kenyataanya pengguna Smartphone hanya sedikit yang tahu betul smartphone itu sendiri. Padahal, Smartphone lebih banyak mempunyai keunggulan di banding dengan handphone biasa yang banyak beredar, seperti kemudahan menyimpan dan mengolah data yang sudah tidak diragukan lagi, applikasi pada smartphone juga lebih banyak dan gratis.
Seperti uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa kurangnya penggunaan smartphone secara maksimal disebabkan karena factor kurangnya pengetahuan mengenai smartphone dan banyaknya pengguna yang hanya tinggal pakai tanpa membandingkan keunggulan dan kekurangan smartphone versi lama dengan yang baru. Diharapkan dengan dibuatnya makalah ini masyarakat akan dengan mudah mendapatkan smartphone idaman mereka.


1.2 Rumusan Masalah
Dari uraian diatas penulis mengembangkan permasalahan pokok yang dibahas dalam makalah ini, yaitu:
“ Apa kelebihan dan kekurangan iPhone? “
1.3 Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah :
“ Sebagai pengetahuna bagi pembaca dalam mengetahui perkembangan iPhone dari generasi pertama hingga sekarang. “










BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Smart Phone iPhone
iPhone adalah telepon genggam yang revolusioner produksi Apple Inc. yang memiliki fungsi kamera, pemutar multimedia, SMS, dan voicemail. Selain itu telepon ini juga dapat dihubungkan dengan internet, misalnya untuk mengirim email, menjelajah web, dan lain-lain.
Antarmuka dengan pengguna adalah layar sentuh multi-touch (atau bisa juga disebut dengan layar sentuh kapasitif) dengan papan ketik virtual dan tombol. iPhone generasi pertama mulai dipasarkan pada 29 Juni 2007 di AS dengan harga US$499 untuk model 4GB dan US$599 untuk model 8GB (tetapi dengan syarat kontrak dengan AT&T selama 2 tahun). Generasi kedua, yang bernama iPhone 3G (karena disertai dengan fitur 3G) diluncurkan di berbagai negara pada 11 Juli 2008 dengan harga US$199 untuk model 8GB dan US$299 untuk model 16GB (tetapi dengan syarat kontrak dengan AT&T selama 2 tahun). Generasi ketiga atau iPhone 3GS, diluncurkan pada tanggal 17 Juni 2009, dengan harga US$199 untuk model 16GB dan US$299 untuk model 32GB.
Kamera yang terpasang memiliki resolusi 2 megapixel untuk generasi iPhone pertama dan iPhone 3G, dan 3,2 megapixel untuk iPhone 3GS, namun, iPhone generasi pertama dan 3G tidak dapat merekam video. Tetapi dengan bantuan pihak ketiga yang banyak membuat aplikasi, hampir semua kekurangan tadi dapat diatasi. Selain itu telepon ini juga memiliki perangkat lunak yang dapat mengunggah foto. iPhone dapat memainkan video, sehingga pengguna dapat menonton televisi atau film. iPhone memiliki hampir 100 ribu aplikasi yang dijual di iTunes di computer, maupun di Apps Store langsung di iPhone. Para pengguna iPhone bahkan dapat langsung membeli dan mengunduh aplikasi yang dijual di Apps Store, asalkan tidak melebihi 10MB. Sistem operasi iPhone adalah versi ringan Mac OS X tanpa berbagai komponen yang tidak diperlukan. Sistem operasi ini memakan ruang kurang lebih sebanyak 250MB. Sistem operasi dapat diupdate berkala melalui iTunes secara gratis.

2.2 Design
Fungsionalitas iPhone diakses melalui 3.5-inch layar sentuh layar dan satu "rumah" tombol. Hanya menggunakan perintah jari, pengguna dapat menavigasi mulus melalui fitur iPhone, menyulap keyboard bila diperlukan. Pada resolusi lebih dari 25.000 piksel per inci, kualitas gambar untuk video dan foto yang menakjubkan. Sebuah sensor cahaya ambient secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar iPhone meningkatkan visibilitas dan penghematan daya. Audio disediakan oleh standar headphone jack, built-in speaker atau melalui Bluetooth (stereo) transmisi.

2.3 Fiture
1. Telepon pintar
Teknologi sentuh iPhone memungkinkan pengguna untuk membuat panggilan dengan hanya menunjuk ke nama atau nomor dalam buku alamat atau dengan panggilan melalui keyboard touch pad. Kontak secara otomatis diperbarui dengan perangkat jaringan terhubung dan pesan suara dapat diakses melalui daftar pilihan jenis email. Fitur iPhone termasuk: panggilan konferensi, speakerphone, teks dan pesan multimedia. Sensor jarak iPhone mendeteksi ketika pengguna lift perangkat di dekat telinga dan segera mematikan layar untuk menghemat daya.
IPhone menggunakan quad-band (GSM 850/900/1800/1900) spektrum; memanfaatkan jaringan EDGE 2.5G - standar mendominasi digunakan di Eropa dan sebagian Asia. Di masa depan diharapkan bahwa model iPhone 3G akan benar-benar kompatibel sejak operator Cingular Amerika Apple, dan mitra Eropa dan Asia yang potensial menawarkan 3G UMTS dan HSDPA compliant.

2. Perangkat Komunikasi Nirkabel Internet
IPhone berfungsi sebagai perangkat Internet Wi-Fi diaktifkan yang menggunakan Apple Safari browser untuk mengakses: email internet, situs web, peta online, dan mesin pencari. Kemampuan penuh Perangkat web menawarkan klien email kaya HTML dengan gambar tertanam yang syncs otomatis dengan Mac atau PC. iPhone menyediakan Google Maps arah, mendorong penerusan pesan email Yahoo gratis dan Apple widget konektivitas aplikasi - Java applet berbasis - yang menyediakan informasi terbaru mengenai harga saham, skor olahraga, laporan cuaca, kondisi lalu lintas dan layanan lainnya. Otomatis deteksi Wi-Fi (802.11b / g), Bluetooth, GSM dan jaringan EDGE Cingular juga didukung.

3. iPod
Pikirkan iPhone sebagai iPod 3,5-inch widescreen dengan kontrol layar sentuh. Melalui iTunes Perpustakaan-termasuk musik, buku audio, video, program TV, dan film - konten sekarang dapat diakses melalui antarmuka layar bukan dengan menu ibu jari roda. Video, kontrol,, preview lagu, lirik dan album artwork disajikan langsung ke layar. Di masa depan, pengguna harus dapat secara langsung mengakses film atau video band dengan menekan tombol pada layar.

4. PDA, Komputer dan Kamera
Menggunakan Apple OS X berjalan Widget perangkat lunak berbasis Java, iPhone mampu menyediakan fitur PDA: menunjuk kalender, daftar kontak, foto, email dan dokumen, secara harfiah dengan sentuhan satu tombol 'virtual'. Ini seharusnya hanya soal waktu sebelum pengembang akan datang dengan aplikasi iPhone spesifik, meskipun Apple telah tidak membuat pengumuman. IPhone menjalankan fitur lengkap Apple OS X, sehingga di masa depan mengharapkan untuk melihat aplikasi yang kuat untuk muncul, terutama karena dunia berubah semakin ke perangkat mobile yang lebih kecil untuk platform komputasi.
IPhone built-in kamera mengambil gambar pada resolusi 2 MB yang dapat disimpan dalam 4 GB atau 8 GB kartu memori flash atau diteruskan ke seorang teman, anggota keluarga atau kolega. Accelerometer internal yang mendeteksi bila perangkat diputar dan secara otomatis mengubah isi layar tepat. Tidak menyebutkan kemampuan merekam video diberikan, tetapi dapat mengasumsikan dari dominasi Apple dalam produksi video dan portofolio paten video capture bahwa itu adalah sesuatu mereka melihat ke dalam, khususnya karena penyimpanan flash menjadi lebih murah.

Spesifikasi teknis pada Ssmartphone Apple:

Ukuran layar

3,5 inci

Resolusi layar

320 x 480 pada 160 ppi

Metode input

Multi-touch

Sistem operasi

OS X

Penyimpanan

4GB atau 8GB

GSM

Quad-band (MHz: 850, 900, 1800, 1900)

Data nirkabel

Wi-Fi (802.11b / g) + EDGE + Bluetooth 2.0

Kamera

2.0 mega piksel

Baterai

Bicara / Video / Browsing - Sampai 5 jam

Pemutaran audio - Sampai 16 jam

Ukuran

4,5 x 2,4 x 0,46 inci / 115 x 61 x 11.6mm

Berat badan

4,8 ons / 135 gram


Kemampuan Perangkat Lunak:
• Penuh OS X
• Multi-tasking
• Jaringan
• Daya Rendah
• Keamanan
• Video
• Kakao
• Core Animasi
• Grafis
• Audio
• Widget

2.4 Spesifikasi iPhone
1. iPhone Generasi Pertama
iPhone generasi pertama Apple adalah touchscreen berbasis GSM + EDGE (2.75G) telepon. Hal ini juga termasuk 802.11b / g wireless LAN dan Bluetooth V2.0. Ini memiliki kamera 2,0 megapiksel. Ini memiliki tombol beberapa hardware, mengandalkan layar sentuh untuk berinteraksi dengan telepon. Beberapa kancing adalah: Rumah (di bawah layar); Sleep / Wake (kanan atas); Volume Naik / Turun (kursi goyang di sebelah kiri) dan saklar diam (di atas volume rocker).

2. iPhone Generasi Kedua
iPhone generasi kedua Apple adalah touchscreen berbasis GSM + HSDPA (3G) telepon. Hal ini juga termasuk 802.11b / g wireless LAN dan Bluetooth V2.0. Ini memiliki kamera 2,0 megapiksel. Ini memiliki tombol beberapa hardware, mengandalkan layar sentuh untuk berinteraksi dengan telepon. Beberapa kancing adalah: Rumah (di bawah layar); Sleep / Wake (kanan atas); Volume Naik / Turun (kursi goyang di sebelah kiri) dan saklar diam (di atas volume rocker).

3. iPhone Generasi Ketiga
iPhone generasi ketiga Apple adalah touchscreen berbasis GSM + HSDPA (2G, 3G) telepon. Hal ini juga termasuk 802.11b / g wireless LAN dan Bluetooth V2.0. Ini memiliki kamera autofokus 3,2 megapiksel, yang juga bias dipakai video recording . Ini memiliki tombol beberapa hardware, mengandalkan layar sentuh untuk berinteraksi dengan telepon.
iPhone 3GS juga dilengkapi dengan fitur baru, berupa kompas digital terintegrasi (GPS). Kompas digital ini memungkinkan anda untuk tidak tersesat dan mampu menemukan arah hanya dengan menggunakan petunjuk melalui kompas ini. GPS buatan Apple ini mampu menentukan koordinat lokasi yang ingin anda tuju, maupun lokasi anda berada. Petunjuk GPS ini pun semakin dimudahkan dengan bantuan Maps yang juga terintegrasi.
Selain itu, iPhone 3.0 software juga akan mampu menemukan jejak iPhone anda yang hilang entah kemana, melalui fitur Find My iPhone. Fitur ini dikembangkan atas kerja sama MobileMe melalui sebuah pesan singkat.

4. iPhone Generasi Keempat
iPhone generasi keempat Apple adalah touchscreen berbasis GSM + HSDPA (2G, 3G) telepon. Hal ini juga termasuk 802.11b / g wireless LAN dan Bluetooth V4.0 wireless technology. Ini memiliki kamera autofokus 8 megapiksel, yang juga bias dipakai video recording dan memiliki kamera depan (VGA). Ini memiliki tombol beberapa hardware, mengandalkan layar sentuh untuk berinteraksi dengan telepon.
iPhone 4S juga dilengkapi dengan fitur baru, berupa kompas digital terintegrasi (GPS). Kompas digital ini memungkinkan anda untuk tidak tersesat dan mampu menemukan arah hanya dengan menggunakan petunjuk melalui kompas ini. GPS buatan Apple ini mampu menentukan koordinat lokasi yang ingin anda tuju, maupun lokasi anda berada. Petunjuk GPS ini pun semakin dimudahkan dengan bantuan Maps yang juga terintegrasi.
Selain itu, iPhone 3.0 software juga akan mampu menemukan jejak iPhone anda yang hilang entah kemana, melalui fitur Find My iPhone. Fitur ini dikembangkan atas kerja sama MobileMe melalui sebuah pesan singkat.




2.5 Kelebihan dan kekurangan iPhone
1. Kekuatan
IPhone memiliki beberapa fitur yang menambah kekuatan produk. Ini termasuk tampilan yang unik dan merasa disertai dengan sistem operasi mobile. Ini memiliki sensor telepon yang bekerja dengan layar multi-sentuh, yang merupakan teknologi yang dipatenkan baru. Fitur-fitur baru disajikan ke basis pengguna yang besar dan setia bahwa Apple telah diperoleh selama bertahun-tahun. Selain itu, pemasaran diberikan dukungan dari seluruh internet, tabungan perusahaan lebih dari 400 juta biaya iklan. Akhirnya, fakta bahwa perusahaan pertama untuk memberikan dalam arena ponsel komputer adalah salah satu kekuatan terbesar
2. Kelemahan
Seperti setiap produk baru, ada satu set kelemahan. IPhone adalah bukan sebuah perangkat 3G dan tidak akan bekerja di negara-negara berteknologi maju seperti Jepang dan Korea. Semua ponsel mereka sesuai 3G. Beberapa fitur iPhone juga tidak terlalu mengesankan. Ini termasuk fakta bahwa ia memiliki kamera sub nominal, berdiri di sekitar 2 megapixel serta memori yang tidak dapat dilepas. Ponsel ini harga sekitar 500 sampai 600 dolar dan survei menunjukkan bahwa 52% dari konsumen yang senang dengan perangkat mobile mereka saat ini, pada dasarnya, ponsel ini diarahkan untuk konsumen high end. Apple pilihan saluran distribusi juga telah ditafsirkan sebagai kelemahan karena mereka membatasi untuk hanya Cingular dan pengecer Apple. Akhirnya, tujuannya adalah untuk dipertanyakan - apakah telepon memenuhi tugas-tugas perusahaan atau itu hanya sebuah sistem hiburan.
3. Peluang
Ada cukup permintaan untuk pengalaman komputasi mobile yang lebih baik. IPhone mencoba untuk menggabungkan kedua komputasi yang kuat serta hiburan ke dalam satu sistem. Orang juga mencatat bahwa Mac OS aplikasi untuk desktop dapat mulus disesuaikan untuk iPhone. Juga, ini adalah langkah pertama menuju jaringan berbasis Internet Protocol-. Munculnya jaringan Wi-Fi adalah mendorong untuk itu menjadi biaya pengunjung bukan memiliki kunci penyedia pada pengguna. Hal ini sangat mungkin untuk biaya perangkat dan membayar-per-view sistem untuk mengambil penerbangan, menghilangkan bulan untuk biaya berlangganan bulan.
4. Ancaman
Sebagian besar ancaman berasal dari perusahaan lain termasuk Nokia, Sony, dan Google dengan produk masing-masing. Ponsel Smart adalah salah satu contoh populer yang berdiri untuk bersaing dengan iPhone. Fakta bahwa ponsel ini berjalan di jaringan 3G juga menempatkan iPhone di belakang dalam lomba kecepatan. Meskipun ekonomi tidak lagi dalam tahap volatile, pelepasan iPhone masih dalam waktu di mana orang yang bertakwa pengeluaran uang. Ancaman terakhir adalah Cisco vs Apple-pelanggaran merek dagang gugatan yang mungkin atau mungkin tidak diambil dari uap peluncuran produk.



BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Disini dapat kita simpulakan bahwa Smartphone adalah salah satu handphone yang menggunakan Operating system (OS) yang sangat terkenal. Istilah smartphone sebenarnya mengacu pada system yang bekerja pada handphone tersebut. Smartphone sebenarnya hanyalah sebuah handphone yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti membuka website dengan kualitas sama seperti desktop.
Smartphone lebih banyak mempunyai keunggulan di banding dengan handphone biasa yang banyak beredar, seperti kemudahan menyimpan dan mengolah data yang sudah tidak diragukan lagi.

0 komentar:

Posting Komentar